gelembung

Kamis, 20 Juni 2013

pantai sembukan

Pantai Sembukan – Pantai Indah di Tanah Wonogiri

Pantai Sembukan

Informasi Wisata
Lokasi    Desa Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.
Tiket      Rp.3.000,-
Waktu Buka        07.00 – 18.00
Fasilitas/ Obyek Wisata indahnya pantai sembukan dengan legendanya
Pantai Sembukan berada di kawasan selatan atau pesisir pantai Kabupatan Wonogiri menyimpan banyak hal menarik. Selain keberadaan pegunungan karst, kawasan ini dianugerahi pantai yang cantik. Salah satunya Pantai Sembukan. Berada di ujung Wonogiri, Jateng, Pantai Sembukan akan membuat takjub wisatawan. Tak cuma indah, konon pantai ini menjadi pintu masuk Nyi Roro Kidul menuju Kasunanan Surakarta. Pantai yang terletak di Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini, memiliki nuansa alam yang sangat indah. Jika anda ingin menuju ke pantai ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kota Wonogiri.
                Pantai Sembukan memang sudah ramai pengunjung, apalagi saat menjelang malam 1 Suro. Malam itu, semua pekerja Keraton Surakarta dan abdi-abdi keraton datang membawa sesajen. Sesajen itu dipersembahkan untuk Sang Penguasa Lautan Kidul. Upacara yang dikenal dengan nama Larung Ageng ini, diadakan oleh Kasunanan Surakarta, Pemkab Wonogiri dan masyarakat sekitar Paranggupito. Acara tersebut digelar untuk menghormati penjaga pantai ini. Jika sudah mengarah ke hal-hal yang berbau mitos maka Anda harus paham dengan aturan-aturan yang berlaku, seperti dilarang mengambil apapun.
                Namun tidak hanya misteri dan mitos yang menjadi daya tarik pantai ini. Panorama dan hamparan karang di pantai ini adalah daya tarik yang begitu mempesona bagi wisatawan. Jangan harap Anda bias berenang di pantai ini. Karena bibir pantai ini didominasi oleh karang-karang kecil yang sangat tajam. Selain itu, deburan ombaknya juga sangat besar. Sehingga pantai ini tidak boleh digunakan untuk berenang. Mengenai fasilitas anda tidak perlu khawatir. pantai ini telah dilengkapi pendapa, parkir, kamar mandi, mushala kecil dan warung tempat pedagang menjajakan makanan

                Jika anda sudah cukup puas menikmati pantai, anda bisa mencoba pemandangan lain dengan mendaki tangga ke sisi kanan, menuju dua gardu pandang. Ada dua gardu pandang di pantai ini, satu berada lebih dekat ke laut, satu lagi lebih ke darat. Gardu pandang yang lebih jauh dari laut biasa digunakan untuk ritual. Sedangkan gardu pandang yang lebih dekat ke laut memberikan pemandangan laut lepas. Jika sedang beruntung, pengunjung bisa melihat badan kapal tongkang yang berlayar nun jauh di laut lepas. Perjalanan ke gardu pandang dari pantai makan waktu sekitar 15 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar